Desa Blingoh hari ini kedatangan Tim Verifikasi Desa ODF Jepara

Blingoh – Hari ini (18/9) Desa Blingoh kedatangan Tim Verifikasi Desa ODF Jepara yang terdiri dari DKK Jepara,Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kecamatan Keling dan Donorojo,Tim Kecamatan Keling dan Kecamatan Donorojo, PKK Desa Blingoh dan Desa Gelang Kecamatan Keling, Kader PKK,Dan Perangkat Desa Blingoh.

Dalam sambutannya, Petinggi Desa Blingoh menyampaikan selamat datang kepada segenap Tim Verifikasi ODF di Desa Blingoh utk melaksanakan Verifikasi ODF, yang mana status bebas dari buang air besar sembarangan ( ODF = Open Defecation Free ) penting untuk dilakukan dalam memastikan perubahan perilaku di masyarakat benar ‐ benar terjadi dan berkelanjutan. Tidak sesaat pada deklarasi ODF saja, namun perubahan perilaku terjadi secara permanen. Dan berharap di wilayah Desa  Blingoh nantinya bisa bebas ODF.
Sementara dari Dinas DKK Jepara Ibu Ima seperti di laporkan Reporter blingoh.desa.id menyampaikan bahwa ODF merupakan kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini. Oleh karenanya di laksanakan verifikasi ODF yang nantinya Tim bisa mencari temuan sehingga dapat menyakinkan bahwa warga desa bebas dari ODF,dan targetnya tahun 2019 Jepara bisa bebas ODF.

Hadir Juga Bhabinkamtibmas Kecamatan Keling dan Kecamatan Donorojo,di harapkan Peranan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam program ODF di dalam penyampaian kepada warga masyarakat desa karena Babinsa dan Bhabinkamtibmas selalu berinteraksi dengan masyarakat. Dan untuk Standar pembuatan Jamban sesuai standar kesehatan adalah ada Kloset, peralon dan sapiteng dan resapan cukup dgn sapiteng dgn kedalaman 2 meter dan resapan 1 meter.

Rencananya hari ini Tim Verifikasi akan mengunjungi Rumah di Desa Blingoh sebagai sample ODF di 7 RW ,satu RWnya masing-masing akan di kunjungi 10 Rumah,kemudian pada tanggal 8 Oktober seluruh Tim Verifikasi beserta Tim PKK,FKD desa Blingoh akan berkunjung di desa Tempur Kecamatan Keling Jepara.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan