MANGANAN DI MAKAM KRAJAN DESA BLINGOH

Blingoh – Kamis 16 Agustus 2018 atau Malam jumat wage tepatnya habis isya’ masyarakat Desa blingoh berkumpul di punden desa tepatnya di Joglo punden mbah Siti maryam atau di komplek pemakaman krajan ntuk melaksanakan Hajat manganan/madangan dalam rangka Sedekah Bumi Desa Blingoh.

Acara ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Alloh SWT Tuhan Yang Maha Esa atas segala Karunia yang telah di berikan khususnya kepada masyarakat desa blingoh dalam berbagai profesi,petani,pedagang,pegawai,buruh,profesional dll.dan bentuk rasa syukur itu di laksanakan dengan kirim doa dan bersedekah yang pahalanya di haturkan kepada para leluhur yang telah meninggal dunia.

Setiap tahunnya acara ini selalu di gelar menjelang puncak perayaan kah bumi yang di laksanakan pada hari senin pahing-selasa pon,dengan berbagai acara yang digelar.

Acara tadi malam di hadiri Bapak Petinggi bersama semua perangkatnya,Ketua BPD serta segenap lapisan masyarakat desa blingoh,bersama-sama mereka memanjatkan do’a dan harapan kepada Alloh SWT Tuhan yang maha kuasa agar di berikan keselamatan dan kemakmuran dalam berbagai kegiatan dan aktifitas apapun yang di lakukan.

Acara ini di akhiri dengan makan bersama(manganan) dengan nasi dan lauk pauk dari para warga yang ikut hadir pada acara ini.

Pada siang harinya, acara serupa juga akan di gelar dengan tambahan hiburan Kesenian Beksan Tayub,dan di akhiri dengan hajatan dan makan bersama.ini merupakan satu keunikan Tradisi lokal yang masih di jaga di desa Blingoh yang mungkin di daerah lainnya masih ada tapi konsistensinya tidak seperti yang ada di Blingoh.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan