DESA BLINGOH DAN SEGALA POTENSINYA

Blingoh Desa Blingoh masuk Kecamatan Donorojo Jepara Jateng terletak 30 km di sebelah Utara Kota Jepara.Desa Blingoh terdapat di antara perbatasan Kecamatan Donorojo dengan Kecamatan Keling.Di sebelah utara berbatasan langsung dengan Desa Jugo,Desa Tulakan,Desa Ujungwatu,Desa Banyumanis,dan Desa Clering. Sebelah selatan Berbatasan dengan Desa Kelet dan Desa Mojo Keamatan Cluwak Kabupaten Pati. Sedangkan sebelah timur berbatasan dengan Desa Jugo dan Desa Ujungwatu.Sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Desa Kelet Dan Desa Mojo Keamatan Cluwak Kabupaten Pati.

Secara Administrasi Desa Blingoh terdiri dari Lima perdukuhan besar dan 7 RW yaitu Dukuh Krajan(RW 01 berjumlah 10 RT),Dukuh Cangaan(RW 02 berjumlah 7 RT,RW 03 berjumlah 7 RT)Dukuh Simo(RW 04 berjumlah 6 RT,Senggrong RW 05 berjumlah 4 RT),Dukuh Lembah(RW 06 berjumlah 10 RT),Dukuh Guwo(RW 07 berjumlah 8 RT).

Demikian juga desa lain Di Kecamatan Donorojo di Desa Blingoh terdapat juga beberapa tempat wisata yang menarik dan presentatif. Diantaranya Masjid Kubah Hijau 2 menara di Kauman Dukuh Krajan,Candi Sima di Dukuh Simo,Gua Tratak di Dukuh Guwo, Danau Blingoh di Dukuh Lembah, Air Terjun Undak Manuk,Pertapaan Guwa Meditasi di Dukuh Guwo dan Air Terjun Manten (Air Terjun Lanang Wedok) di Dukuh Senggrong.

1.Danau Tiban

Danau ini bertempat di dukuh Lembah RT 09 RW 06, Danau ini mulanya tidak ada, karena ada penggalian C proyek batu kapur maka terbentuklah cekungan yang sangat lebar.Setelah kubangan tersebut terisi air hujan yang banyak maka terbentuklah kubangan yang menyerupai Danau Tangkuban perahu.pada tahun 2016 Danau ini pernah menjadi VIRAL di Medsos dengan ramainya pengunjung yang datang untuk mengunjunginya.Untuk menuju lokasi Danau Kamaru Desa Blingoh anda harus siapkan fisik anda karena akses jalan sangat terjal.Jarak dari jalan Kabupaten sekitar 15 KM .

2.Air Terjun Undak Manuk

Air Terjun ini berada di Dukuh Guwo RW 07 lokasinya berada di tengan Hutan Cagar Alam Trawehan,untuk menuju lokasi di butuhkan tenaga ekstra karena lokasi berada di Tengah Hutan Lindung Lereng Gunung Lembing,jarak dari permukiman penduduk sekitar 2,5 KM .

3.Air Terjun Jurang Manten

.

Air Terjun ini Berada di Dukuh Simo Tepatnya di wilayah antara senggrong dan pungkruk desa Blingoh,kejernihan Air dan persawahan di sekitarnya membuat aur terjun ini masih tampak Asri dan Bersih.untuk menjangkau lokasi pengunjung membutuhkan waktu 10 menit dari jalan Kabupaten desa blingoh.(BERSAMBUNG)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan