MADANGAN SEDEKAH RUKUN DALAM RANGKA SEDEKAH BUMI DESA BLINGOH

Simo,Blingoh – Pada Hari Jumat pahing 10 Agustus 2018 Warga Masyarakat Desa Blingoh Khususnya Wilayah Dukuh Simo,Senggrong/Kamituwan Simo Melaksanakan Hajatan Tahunan dalam Rangka SEDEKAH BUMI yaitu Madangan Sedekah Rukun di Punden Desa tepatnya di makam Senggrong dukuh simo.

Acara ini rutin dilaksanakan di Punden/makam MBAH BUYUT PRAWIRO JOYO SUKANDAR Makam senggrong Dukuh simo ,di laksanakan sebelum puncak Acara SEDEKAH BUMI/RUKUN desa blingoh yang di laksanakan pada Hari Senin Pahing s/d Selasa Pon dibulan Apit atau Besar setiap tahunnya,bertempat di PETINGGEN (Rumah Bapak Petinggi Desa) dan di meriahkan Pagelaran Langen beksan Tayub dan Kegiatan tayub dilaksanakan ahad malam hari Senin dan siangnya dan senin malam Selasa Wayang Kulit semalam suntuk.

Sedekah Rukun ini dilaksanakan dengan acara Hajatan/makam bersama/madangan/kondangan di makam dengan maksud dan tujuan mengingat dan berdoa untuk ahli waris atau leluhur desa yang telah pergi untuk selamanya,serta bertujuan mensyukuri nikmat Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa,yang telah memberikan hasil panen sehingga mereka bisa menjalankan kehidupannya dengan hidup berdampingan yang rukun dan Damai.

Kegiatan sedekah bumi/edekah rukun dilaksanakan dengan menggelar tasyakuran, yaitu tumpengan. Seperti dilaporkan Reporter WEBSITE desa Blingoh, dihadiri Petinggi desa Blingoh Sucipto, perangkat desa setempat, tokoh masyarakat dan warga setempat. Mereka ‘selametan’ dengan tumpengan untuk bersama-sama memanjatkan doa kepada Allah SWT, agar warga Dukuh Simo,senggrong dan sekitarnya khususnya dan desa Blingoh pada umumnya diberikan kesehatan, keselamatan, rejeki yang barokah dan selalu berhasil dalam sebuah tujuan atau cita-citanya tidak ada suatu halangan apapun .Tidak hanya itu,Melalui sedekah bumi juga akan terjalin komunikasi yang baik sesama warga yang bermuara pada masyarkat yang hidup berdampingan,rukun dan damai.sebagai catatan Desa Blingoh adalah desa dengan 3 agama(Islam,Budha,Kristen)yang di anut oleh warga Masyarakatnya.

Guna memeriahkan sedekah bumi Desa Blingoh, di Dukuh simo juga akan digelar Karnaval yang di ikuti seluruh warga masyarakat Se-Kamituan simo,meliputi seluruh Warga RT di RW 04 dan 05 dan di danai secara swadaya oleh warga setempat.Acara ini di Gelar Rutin setiap Tahunnya guna meramaikan rangkaian acara Sedekah Bumi.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan